Review: Tentang Kamu Karya Tere Liye

 
Judul : Tentang Kamu
Penulis : Tere Liye
Editor :Triana Rahmawati
Penerbit : Republika
Cover : Resoluzy
Lay out : Alfian
Terbit : 2016
Tebal ; 524 halaman
ISBN : 9786020822341





Zaman Zulkarnaen adalah mahasiswa Universitas Oxford asal Indonesia yang kemudian menjadi junior lawyer di Thompson & Co., firma hukum terbaik dan terpercaya yang terletak di London. Zaman secara mendadak ditugaskan menangani warisan salah satu klien besar firma hukum tersebut. Adalah Sri Ningsih, wanita pemegang paspor Inggris yang ternyata berasal dari Indonesia. Menghabiskan masa tuanya di panti jompo di Paris dan meninggalkan warisan berupa 1 % saham yang harganya melebihi kekayaan Ratu Inggris dan keluarganya.

Masalahnya, Thompson & Co. hanya menerima surat keterangan kepemilikan saham dan mandat untuk menanganinya tanpa disertai surat wasiat. Namun, jika Zaman mampu menyelesaikan kasus ini, maka ia berhak menduduki salah satu kursi senior lawyer yang telah kosong. Zaman pun tidak punya banyak waktu, ia harus berfikir keras dan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa menelusuri 70 tahun jejak hidup Sri Ningsih demi menemukan pewaris yang sah agar harta peninggalan Sri Ningsih tidak jatuh ke tangan Ratu Iggris.

Berdasarkan petunjuk di buku diary Sri Ningsih yang diperoleh dari pengurus panti, Zaman memulai penyelidikannya dari Sumbawa. Sri Ningsih adalah gadis pendek, gempal, dan berkulit hitam, lahir di Pulau Bungin, Sumbawa. Putri dari Nugroho, seorang pelaut tangguh, dan Rahayu, seorang ibu yang berharap anaknya kelak bisa melihat dunia luas.

"Jangan mudah menangis, jangan suka mengeluh. Kamu adalah anak seorang pelaut tangguh. Bersabarlah dalam setiap perkara."

Itulah pesan ayahnya yang selalu Sri ingat. Malangnya, Sri harus melalui masa kecilnya yang pahit dan berat untuk dilalui oleh anak seusianya. Begitupun ketia Sri beranjak dewasa, saat ia merantau ke Surakarta, Jakarta, London, hingga Paris, ia menerima sebuah pengkhianatan yang menhantuinya seumur hidup. Ia juga beberapa kali mengalami jatuh-bangun demi meraih mimpinya. Berkali-kali juga Sri merasakan pahitnya kehilangan.

Lalu, sanggupkah Sri Ningsih menjalankan amanah dari ayahnya? Mampukah ia mewujudkan mimpi-mimpinya dan juga mimpi ibunya? Berhasilkah Zaman menunaikan kewajibannya menangani warisan Sri Ningsih? Dapatkah ia menguak seluruh misteri kehidupan Sri Ningsih yang belum terungkap? Siapakah yang akhirnya menjadi pewaris saham sebesar 1 % tersebut?

*********

Novel ini mengisahkan dua cerita berlapis dengan dua tokoh dalam latar yang berbeda. Kilas balik perjalanan hidup Sri Ningsih sejak lahir ke dunia sampai ajal menjemputnya. Kepergian Sri Ningsih meninggalkan banyak sekali kenangan dan pelajaran bagi banyak orang, bahkan bagi orang yang tidak pernah berinteraksi langsung dengannya, Zaman Zulkarnaen. 

Kesabaran tiada batas, tidak pernah membenci dan mendendam, ikhlas menerima semua rasa sakit, pantang menyerah, dan tidak takut pada rintangan apapun. Itulah Sri Ningsih, wanita hebat yang selalu tampil sederhana. Namun, Sri Ningsih tetaplah manusia biasa yang memiliki kekurangan yang juga bisa kita jadikan pelajaran. Sri pun pernah lupa, menuntut pengorbanan dari orang lain tanpa introspeksi apakah ia sudah memberikan yang terbaik untuk orang lain. Bakhan, Sri pun sempat berprasangka buruk kepada Tuhan setelah mendapat cobaan bertubi-tubi. 

Itulah salah satu hal yang saya suka dari novel Tentang Kamu. Meskipun Sri digambarkan sebagai sosok yang sempurna, memiliki hati yang bersih, Tere Liye membuat sosok Sri menjadi sedikit realis, tidak lupa bahwa sebaik apapun manusia, pasti ada saja hal-hal buruk dan menyakitkan yang bisa menggoyahkan iman dan membuatnya lalai.   

Meskipun lebih banyak menceritakan kehidupan Sri Ningsih, sosok Zaman tidak tenggelam begitu saja. Justru di situlah menariknya, Zaman yang sama sekali tidak tahu menahu tentang Sri Ningsih kemudian menjadi sangat mengenal Sri serta orang-orang dalam hidup Sri. Seiring bergulirnya kisah tentang Sri, karakter Zaman pun semakin kuat.

Kepribadian Sri banyak memberikan pengaruh bagi Zaman dalam menjalani kehidupan pribadinya, terutama ketika ia sedang menghadapi situasi sulit. Ia akan selalu bertanya, "Apa yang akan Sri Ningsih lakukan jika berada dalam situasi seperti ini?", sembari mencari jalan keluar dengan ide-ide yang cemerlangnya. Semoga kita pun bisa melakukan hal serupa. 

Kisah "Tentang Kamu" bukan hanya berhasil mengaduk-aduk perasaan pembaca saja, tapi juga memiliki alur cerita yang sulit ditebak. Ada satu bagian dalam novel ini yang tersimpan rapih sejak awal dan baru terungkap di akhir cerita. Novel ini pun bukan sekedar cerita fiksi. Selain berbagai pelajaran hidup yang bisa kita ambil, penulis juga memberikan pengetahuan baru tentang hukum dan ekonomi.

Perjalanan hidup Sri dari masa ke masa pun tidak lepas dari sejarah besar Indonesia dan juga dunia. Seperti peristiwa pemberontakan partai komunis dan peristiwa Malari. Selain itu, penulis pun memaparkan beberapa sejarah yang mungkin belum banyak diketahui, seperti sejarah kaki lima dan asal-usul merk kendaraan. 

Satu lagi faktor yang membuat novel ini sangat berkesan adalah karakter yang dimiliki oleh masing-masing tokoh terasa sangat kuat. Ya, meskipun banyak sekali tokoh yang disertakan dalam novel ini, tidak ada tokoh yang terkesan hanya tempelan. Semua punya karakter dan peran yang berbeda. Selain Sri dan Zaman, banyak tokoh yang saya suka dalam novel ini, Aimee yang baik hati, Rajendra Khan yang humoris dan jail, Aabi dan Aami yang bijaksana, Hakan Karim yang romantis, serta para guide yang pernah mendampingi Zaman, La Golo dan Mang Sueb yang lucu sekaligus lugu, dan juga beberapa tokoh lainnya.

Namun, memang sangat disayangkan kisah kehidupan pribadi Zaman tidak banyak diceritakan, hanya sekilas saja di bagian akhir novel ini. Dan kekurangan lain dalam novel ini, sejak pertengahan hingga akhir saya menemukan typo yang jumlahnya cukup banyak. Walaupun demikian, saya masih tetap bisa menikmati jalan ceritanya. Sebuah kisah inspiratif yang patut dibaca oleh siapapun.

Komentar

  1. Tere Liye memang selalu menjadi penulis favorit saya. Lewat novel yang berjudul tentang kamu ini, kita disuguhkan oleh kisah hidup ningsih yang menurut saya penuh perjuangan, kisah tragis dan sedih, yang mana sangat layak untuk dijadikan sebagai tauladan. Aku suka banget sama novel ini, huhuhuh
    Salam kenal btw, Kreta Amura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, Kakak. Wah maaf lama tidak buka blog, jadi baru sempat balas. Terima kasih sudah berkunjung. Tere Liye juga salah satu penulis favorit saya. Ngga sabar menunggu karya beliau selanjutnya hehee

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: No Place Like Home

Review: Blue Heaven Karya Mahir Pradana

Review: Sepotong Hati Yang Baru karya Tere Liye